Ragam Olahraga

Ini Alasan Gagalnya Pertandingan Persahabatan Israel VS Argentina

Pertandingan persahabatan Israel VS Argentina yang akan diselenggarakan hari ini (09/06/2018) gagal dilangsungkan. Hal ini telah dikonfirmasi beberapa hari sebelum penyelenggaraan pertandingan oleh official dari federasi sepak bola yang terkait penyelenggaraan pertandingan.

Duta Palestina untuk Argentina, Abdel Wahed, mengkonfirmasi bahwa penyelenggaraan pertandingan ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Israel ke-70 sejak berdirinya Israel pada tahun 1948.

“Bagi kami, sulit untuk diterima untuk melaksanakan pertandingan ini di Yerusalem sebab itu merupakan teritorial yang diperebutkan dan sangat menyakitkan untuk melihat tim, yang memiliki cinta dan dukungan dari banyak orang-orang Palestina dan warga Arab, didukung oleh pelanggaran terhadap hukum internasional,” papar Wahed menanggapi pertandingan persahabatan Israel VS Palestina tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa lawan Israel awalnya jadi pertandingan pemanasan terakhir Timnas Argentina sebelum Piala Dunia 2018 dan rencananya berlangsung di kota pesisir Israel, Haifa. Tetapi kemudian dipindahkan ke Yerusalem atas desakan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Tetapi belakangan, Striker Timnas Argentina Gonzalo Higuain mengumumkan pada Selasa (05/06/2018) bahwa pertandingan itu dibatalkan. Tak hanya Higuan, Lionel Messi sebagai kapten tim Nasional Argentina juga menanggapi soal pertandingan persahabatan Israel VS Argentina.

“Sebagai seorang duta UNICEF, saya tak bisa bermain melawan orang yang membantai anak-anak Palestina yang tak bersalah. Kami harus membatalkannya karena kami mengutamakan kemanusiaan ketimbang menjadi pesepak bola,” papar Messi dikutip laman TyC Sports.

Ini Alasan Gagalnya Pertandingan Persahabatan Israel VS Argentina

Ini Alasan Gagalnya Pertandingan Persahabatan Israel VS Argentina

Dengan keputusan gagalnya pertandingan persahabatan Israel VS Argentina, presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina, Jibril Rajoub, menghargai keputusan Timnas Argentina. Para petinggi organisasi sepak bola Palestina menyanjung Timnas Argentina dan sang megabintang, Lionel Messi. Pujian itu tak lain setelah Argentina membatalkan laga persahabatan kontra Israel, yang direncanakan pejabat Israel dipindahkan ke Yerusalem.

Tak ayal perpindahan tersebut agak menyentuh ranah politis. Dan keputusan Messi serta punggawa tim nasional Argentina lain boleh jadi sebagai keputusan yang benar karena sepak bola adalah hiburan dan olahraga yang tak bisa dikaitkan dengan politisasi saat ini.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close